Enjoy your life, No matter how hard it may seem. When life gives you a thousand reasons to cry, Show the world you have a million reasons to SMILE!

Jumat, 22 Juli 2011

pengertian bangsa dan negara menurut para ahli

PENGERTIAN BANGSA


Menurut Ernest Renan " bangsa adalah suatu nyawa , suatu akal yang terjadi dari dua hal , yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat dan rakyat ang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu "












Menurut Hans Kohn "bansa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. "Bangsa terjadi karena persamaan ras , bahasa , adat istiadat , dan agama yang merupakan faktor pembeda bangsa yang satu dengan yang lainnya .










Menurut Otto bauer "bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter atau sifat , karena adanya persamaan nasib" . bangsa terbentuk karena adanya suatu persamaan , satu karakter/watak yang tumbuh dan lahir karena adanya persatuan pengalaman.












Menurut rudolf kjellen "Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bangsa , agama, ideologi , budaya , dan atau sejarah"



















Menurut F.Ratzel "bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya <paham geopolitik>"
















Menurut jalobsen dan lipman "bangsa adalah suatu kesatuan budaya dan kesatuan politik"
PENGERTIAN NEGARA 


MENURUT : 
1) roger F soltau "negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersma atas nama masyarakat"
2) george jellinek "negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu"
3) G.W.F hegel "negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal"
4) Logemen "negara adalah organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya "
5) karl mark "negara adalah alat kelas yang berkuasa (kaum borjuis / kapilatalis ) untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain (ploretariat/buruh)"
6) Mr. kranerburg "negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri "
7) Prof . R . Djolosoetrono "negara adalah organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah suatu pemerintahan yang sama"
8) Prof . Mr . Soenarko "negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan"
9)N. Machiavelli mengartikan bahwa negara adalah kekuasaan yang mengajarkan raja memerintah dengan sebaik-baiknya.
10)Carl Schmitt " Negara adalah sebagai suatu ikatan dari manusia yang mengorganisasi dirinya dalam wilayah tertentu."
11) G. Pringgodigdo "Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan atau unsur unsur"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar